Rabu, 10 November 2010

G. MISI

 MISI


·    Mengajak anak-anak untuk mencintai Allah dan Rasulullah, membangun kecintaan kepada Al-quran, dan  menghidupkan kembali generasi qurani, serta menumbuhkan calon pemuda dan pemudi yang mencintai ilmu.
·   Mengajak anak-anak mencintai ilmu pengetahuan, belajar sambil bermain, serta berkreasi
  • Menggalakkan kecintaan dan budaya membaca sejak anak
  • Sarana meningkatkan kecerdasan EQ dan ESQ anak
  • Sebagai tempat berkumpulnya anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan
·      Mewujudkan aktivitas pendidikan dan bermain bagi anak-anak sebagai pusat kreativitas, dan rekreasi
  • Mengajak anak-anak berekspresi lewat permainan edukatif dan lewat kegiatan seperti dengan latihan menjadi mc, latihan berpuisi, latihan berpidato, mtq, dll.
  • Mengajak anak-anak bereksplorasi dengan kegiatan diluar ruangan seperti outbond, wisata alam+ruhiyyah, dll
·   Sarana membangun karakter anak melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
  • Memberikan kecakapan yang dibutuhkan sebagai bekal kemandirian anak sejak dini
  • Mengajarkan kebersamaan dan cara bekerja-sama melalui permainan edukatif dan tradisional.
  • Mengajak anak berperan aktif dan peduli dengan lingkungan sejak dini
  • Agar anak-anak ‘melek’ teknologi namun tetap peka pada lingkungan
  • Dengan banyaknya ragam kegiatan diharapkan akan mengalihkan anak-anak dari candu televisi dan mengajarkan pemanfaatan teknologi dengan cara yang benar.
·   Target terwujudnya kualitas pelayanan atas dasar standar profesional:
  • Menciptakan lingkungan sehari-hari di Rumba Zul Aisar yang memungkinkan terciptanya kualitas pendidikan
  • Meningkatnya andil dan peran serta masyarakat.
  • Mendorong peningkatan kapasitas (capacity building), partisipasi , dan pengabdian masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
  • Meningkatkan kesadaran penduduk di daerah Cidodol akan pentingnya pendidikan alternatif bagi anak.
  • Terwujudnya jaringan kerja dan sistem informasi pelayanan anak didik diantara oganisasi sejenis, baik horisontal maupun vertikal secara berkelanjutan.

PRINSIP “LIFE SKILLS” (PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP) YANG INGIN DICAPAI:
“Learning to know, Learning to do, Learning to be and Learning to live together”

Kecakapan PERSONAL
o       Kesadaran Diri :
  • Sebagai makhluk ciptaan Allah subhanahu wata ‘ala
  • Memiliki potensi diri yang dapat terus dikembangkan
o   Kecakapan berfikir, mengolah rasio atau pikiran, mengolah informasi, mengambil putusan dan memecahkan masalah
Kecakapan SOSIAL
o       Kecakapan berkomunikasi
o       Kecakapan bekerja sama
Kecakapan INTELEKTUAL
Kecakapan mengidentifikasi variabel, menjelaskan hubungan suatu fenomena tertentu, merumuskan hipotesis, merancang dan melaksanakan penelitian.
Kecakapan VOKASIONAL
Kecakapan melakukan pekerjaan tertentu, yang mengandalkan kemampuan psikomotorik

3 PENDEKATAN YANG DIPAKAI DALAM MELAYANI ANAK DIDIK
  • “Anggapan bahwa dengan kita merubah cara berfikir, pandangan hidup, sikap serta pola tingkah laku anak maka tujuan pendidikan akan mudah tercapai”
  • “Pendidikan berkualitas akan mudah tercapai apabila disediakan akses media pendidikan yang mencukupi, maka kita sediakan biaya pendidikan yang lebih ekonomis”
  • “Anggapan calon anak didik berasal dari komunitas kurang berdaya, menderita, miskin maka kita datang sebagai penolong atas dasar nilai-nilai kemanusiaan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar